Friday 28 February 2014

Langkah-Langkah Cara Membuat Sandal Kelom Geulis Tasikmalaya

Langkah-Langkah Cara Membuat Sandal Kelom Geulis Tasikmalaya Adalah Sebagai Berikut:







  1. Pertama, kayu bahan dipotong dan kemudian diserut sehingga berbentuk alas kaki, lalu dirapikan dan dikeringkan di bawah sinar matahari.
  2. Setelah itu, bahan kelom yang telah kering dihaluskan dengan menggunakan gerinda dan amplas, sehingga terlihat serat kayunya. Bahan Kelom Geulis kemudian diberi cat dasar. Pemberian cat dasar ini ditujukan untuk menghilangkan pori-pori kayu.
  3. Selanjutnya bahan Kelom Geulis yang sudah setengah jadi diwarnai dengan teknik airbrush. Bahan Kelom Geulis yang telah di-airbrush kemudian dikeringkan. Selesailah proses pembuatan alas kayu kelom geulis.
  4. Langkah terakhir adalah memasang muka/bagian atas kelom geulis. Bagian muka ini terbuat dari berbagai bahan sesuai model yang diinginkan.  Ada yang menggunakan kain dengan detail bordir, kulit yang dianyam atau bahkan menggunakan bahan plastik mika. Detail muka ini membuat kelom geulis tasik terlihat lebih bervariasi, cantik dan menarik.


Langkah-langkah Pembuatan Sandal Kelom Geulis Tasikmalaya
Kelom Geulis yang merupakan kerajinan tangan khas Tasikmalaya ini bukan hanya digemari oleh penduduk lokal, namun juga telah dikenal di mancanegara sehingga menjadi salah satu komoditas ekspor untuk wilayah Asia Tenggara, Asia Tengah, Jepang, Korea, Panama, Timur Tengah, Afrika dan sebagian wilayah Eropa seperti Spanyol.

Demikianlah langkah-langkah cara membuat sandal kelom geulis khas Tasikmalaya. Semoga bermanfaat.:





No comments: